RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Griya Liwet Bandar Lampung

NASI LIWET KOMPLIT GRIYA
Bagi Anda penikmat kuliner tradisional, tidak ada salahnya jika mencicipi Nasi Liwet Komplit Griya khas Cianjur, Jawa Barat, di Bandar Lampung. Di sini yang ditampilkan dalam menu kuliner Griya Liwet.

Denah Lokasi Griya Liwet. Klik 2x untuk memperbesar

Berbahan dasar utama nasi gurih olahan yang diproses oleh tangan koki profesional dengan racikan bumbu rempah membuat menu ini spesial dan patut dicicipi.

"Kami selalu menjaga kualitas rasa dan aroma dari tiap menu makanan yang kami sajikan. Sama halnya dengan Nasi Liwet Komplit Griya khas Cianjur, yang diolah dan disajikan sempurna, sesuai dengan selera konsumennya.

Juga penggunaan ragam bumbu rempah tradisional: rempah serai, santan, daun salam, dan lainnya menjadi keutamaan pengolahan nasi yang identik dengan Jawa Barat ini. Namun, untuk menjaga kelezatannya, citarasanya tetap disesuaikan dengan lidah orang Sumatera," kata Gerry, pemilik Griya Liwet belum lama ini.

Untuk pengolahannya, lanjut Gerry, sama halnya dengan proses memasak nasi pada umumnya. Namun menjadi spesial, ketika nasi harus dicampur dengan rempah, santan, dan ditanak dengan teknik khusus untuk pengadonannya, yang tetap menonjolkan konsep tradisional (semi modern). Alasannya agar bumbu rempah dan santan meresap sempurna pada nasi liwet ini.

"Jika melihat sepintas, nasi liwet serupa dengan nasi uduk sejenisnya. Namun, yang membedakannya pada kualitas rasa gurih dan aroma kombinasi rempah serai dan daun salam yang ditonjolkannya. Selain itu, tentu teknik pengolahan yang berbeda, dimana nasi beserta rempah diaduk hingga merata. Adapun waktu pengolahan selama satu jam lamanya," ungkap Gerry.

Selain nasi liwet, padu padan penganan ini, terdiri dari beberapa macam lauk - pauk. Di antaranya, ayam bakar/goreng, tahu, tempe, ikan asin dan tidak lupa lalapan beserta sambal goreng griya. Sejumlah lauk ini, menjadi padu dengan liwet karena masing - masing memiliki rasa asin, pedas, manis, dan gurih

Nasi Liwet Jabar Rasa Sumatera
Nasi Liwet
CUMI BAKAR SPESIAL GRIYA LIWET
Cumi Bakar Spesial Griya Liwet, menjadi salah satu alternatif variasi menu kuliner yang dapat di pesan di Griya Liwet. Penganan yang berbahan cumi segar ini berkonsep panggang, didalam penyajiannya dipadu dengan cocolan sambal goreng.

Proses pembuatannya pun terbilang unik dan menarik, sebelumnya bahan baku cumi direndam bersama madu, rempah, dan saus steak selama satu hari lamanya. Tujuannya, selain untuk bumbu menyatu, juga menjaga kelembutan dan citarasa daging olahannya.

"Cukup unik memang, variasi kuliner cumi yang kami sajikan. Terutama pada proses pembubuhan bumbu racikannya. Tapi, justru melalui proses inilah akan muncul citarasa spesial yang belum tentu di dapatkan dalam menu sejenis.

Selain itu, warna merah kehitaman yang ditampilkan cumi bakar ini akan menambah eksotis dan menarik. Demikian juga untuk sajian satu porsi digunakan dua buah cumi ukuran sedang atau satu buah cumi ukuran besar," ungkap Gerry, pemilik Griya Liwet.

Gerry menambahkan, setelah proses rendam bumbu selesai, tahap selanjutnya, cumi dipanggang menggunakan teplon khusus dengan diberi sedikit minyak. Proses pemanggangan ini tidak menggunakan bara arang, tapi lebih pada konsep modern dengan penggunaan api bernyala sedang. 

Namun, hasil dari teknik penganggangan ini, tidak berbeda dengan proses tradisional. Terutama pada citarasa yang muncul, yakni dominan manis, gurih dengan tektur daging yang sangat empuk. Selain itu, warna merah kehitaman serta wangi aroma khas bakaran cumi akan menambah kelezatan kuliner ini.

Makanan khas satu ini juga menampilkan rasa gurih dan keunikan aroma rempah yang sangat melekat pada menu ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba fantasi rasa dan aroma yang di tampilkanya. Apalagi bagi para penikmat cumi, menu satu ini cocok untuk menjadi alternatif pilihan.

"Kami sengaja menampilkan cumi ini, dipadu dengan segarnya sambal goreng sebagai cocolannya. Sambal segar ini sangat pas sebagai paduan gurihnya cumi. Selain itu, penganan ini cocok di konsumsi bersama nasi hangat dan varian lalapan," kata Gerry lagi 

Cumi.jpg
Cumi Bakar Spesial Giya Liwet


TAHU SPESIAL GRIYA LIWET
Unik, kata ini cocok bagi tampilan tahu Griya Liwet yang disajikan dalam menu Griya Liwet. Penganan berbahan baku tahu olahan ini, menggunakan empat buah tahu sebagai bahan dasarnya. Selain itu, menu ini dilengkapi dengan tumisan pocai (sayuran) dan ayam cincang sebagai pemadunya.

Pemilik Griya Liwet, Gerry mengungkapkan, pengolahan kuliner satu ini terbilang cukup rumit. Sebab, harus melalui tiga tahap pengolahan berbeda, yakni pembuatan tumis sayuran pocai, pengolahan tahu dan penyiapan cincang ayam.

Pun demikian, tampilan dari tiga bahan baku utama ini berada dalam satu kesatuan, namun berbeda posisi. Dimana, pada bagian dasarnya terdapat tumisan sayuran pocai, selanjutnya dibagian tengah berupa tahu. Kemudian, di bagian atas tahu disiram dengan olahan ayam cincang dan variasi daun bawang.

“Jika selintas dilihat, tidak tampak bahwa penganan ini berbahan dasar tahu. Sebab, bentuknya lebih menyerupai kue (cake) yang cantik. Pun demikian, citarasa dari tahu ini menonjolkan rasa gurih, manis dan asin, di tambah aroma khas ayam cincang.

Selain itu, tahu special ini memiliki tekstur daging yang padat dan lembut, yang mana bahan dasar telur mendominasi pembentukannya. Artinya, secara umum makanan ini kaya manfaat, seperti protein, karbohidrat dan lain sebagainya,” ungkapnya.

ferika_31.jpg
Tahu Spesial Griya Liwet
AYAM KUNGFAU
Menghadirkan kuliner berkonsep tradisional, Griya Liwet Bandar Lampung menawarkan penganan berkonsep oriental khas mandarin, ayam kungfau. Mengandalkan bahan baku utama ayam pejantan, berikut bumbu rempah dan saus kungfau. Penganan ini menyajikan kualitas citarasa asam manis yang kental, dan aroma wangi cabai yang menggoda selera.

Selain menampilkan citarasa yang spesial, menu ini juga diracik dengan sentuhan seni. Dalam pengolahannya menu ini sengaja dibentuk khusus dan simpel, sehingga para konsumen dibuat tertarik untuk memasannya. Sebelumnya, daging ayam diolah fillet (tanpa tulang) dan dipotong menyerupai dadu.

Selanjutnya ayam potongan dadu ini dicampur dengan rempah beserta saus kungfau. Untuk kemudian diolah dengan cara digoreng dengan minyak khusus. Setelah ayam kungfau matang, untuk menambah variasi seninya, pada bagian atasnya ditaburi dengan cabe kering dan kacang mede utuh yang telah diolah sebelumnya.

"Pada dasarnya sebelum kita menikmati kuliner, tentu pertama kali yang dilihat adalah bentuk dari sajian kuliner tersebut. Begitu halnya dengan sajian menu yang kami tampilkan, sangat memperhatikan kualitas rasa dan seni di dalamnya. Termasuk pada ayam kungfau ini, kami menawarkan kualitas rasa yang eksotis, serta bentuk bergaya khas kuliner oriental," ungkap Gerry Owner Griya Liwet.

Hmm, Lezatnya Ayam Kungfau Tanpa Tulang
Ayam KungFau

JUS SPESIAL 
Jus Spesial Griya Liwet menjadi salah satu minuman favorit dan andalan di Griya Liwet. Menyajikan aneka rasa asam, manis dan segar, dengan perpaduan ragam bahan seperti bunga rosella, buah nanas, apael dan racikan bahan lainnya membuat minuman ini memiliki memiliki pelanggan setianya.

Terlebih, minuman ini banyak mengandung manfaat kesehatan di dalamnya, terutama pada penggunaan bahan baku bunga rosela. Di antara manfaatnya, yakni dapat menurunkan darah tinggi, kolesterol dan peningkat stamina bagi para penimatnya. Oleh sebab itu, minuman ini sangat cocok untuk waktu santai bersama kelaurga atau sekadar kongkow bersama teman.

Selain itu, dominasi warna ungu kemerahan dan variasi putih topping yang mencolok dari tampilannya cukup membuat daya tarik bagi para penggemarnya. 

“Untuk menjaga rasa dan kualitas minuman, kami sengaja mengambil langsung bahan dasar yang berkualitas, terutama pada kesegarannya. Minuman jenis ini memiliki prestose, lebih kepada budaya Metropolis dan cocok untuk di nikmati segala suasana.

Biasanya, diminum menemani makanan ringan (cemilan) atau makanan berat yang dipesan oleh konsumennya. Untuk pengolahannya, sejumlah bahan dasar diambil sarinya (juicer), kemudian disatukan dan diberi topping es krim di bagian atasnya,” ungkap Gerry Pemilik Griya Liwet.

ferika.jpg
Jus Spesial Griya Liwet

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar