RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

RM Luwes

Rumah Makan Luwes di Jalan KH Mas Mansyur No 1, Rawalaut, menawarkan hidangan khas Kota Solo.Berikut Hidangan yang ditawarkan :

gurame_asam_manis.jpg
Gulai

nasi_goreng_luwes.jpg
Nasi Goreng

sate_ayam_bumbu_kacang.jpg
Sate Luwes

tongseng_kambing.jpg
Tongseng

Pemiliki Rumah Makan Sate Luwes, Gito, mengatakan bumbu yang digunakan untuk berbagai menu masakan di Luwes merupakan bumbu rempah-rempah yang berguna untuk kesehatan. Bahkan ada beberapa bahan bumbu yang didatangkan dari luar negeri seperti ketumbar India. Menurut Gito, pemilihan ketumbar asal India ini karena memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan ketumbar Indonesia.

"Kalau pakai ketumbar sini rasanya kurang sedap. Kami pakai ketumbar India yang punya rasa lebih tajam." Agar berfungsi bagi kesehatan, pengolahan bumbu rempah pun tidak asal jadi. Misalnya jahe. Sebelum digunakan, jahe diiris tipis kemudian dikeringkan dengan cara dijemur, baru dipakai sebagai bumbu.

Meski menu yang ditawarkan masakan khas daerah Jawa, rumah makan yang sebelumnya berlokasi di Kalibalok, Sukarame ini, tetap menyesuaikan dengan lidah orang Sumatera. "Kalau orang Jawa kan sukanya manis-manis, sedangkan orang Sumatera kurang suka dengan yang manis. Jadi kami sesuaikan dengan lidah sini agar bisa diterima masyarakat."

Beberapa menu yang disajikan di Rumah Makan Sate Luwes antara lain sate ayam, sate kambing, sate sapi, tongseng kambing, tongseng ayam, tongseng sapi, gulai, sop, dan semur. Selain melayani pengunjung secara cepat, dengan sajian hangat dan fresh, rumah makan ini juga melayani pesanan untuk pesta pernikahan ataupun akikah anak. Untuk pesanan acara keluarga, Sate Luwes menyediakan nasi kotak sate yang masih jarang ditemukan di tempat lain. Sedangkan menu lain disesuaikan dengan pesanan konsumen

Sejak Januari lalu, menu yang disajikan di Sate Luwes makin lengkap. Tak hanya aneka sate, namun juga aneka seafood. Menurut pemilik Sate Luwes Sugito, selama ini tempatnya memang hanya terkenal dengan satenya. ’’Tetapi, kami juga sekarang punya menu seafood yang lengkap,” terangnya. 
 
Menu yang disajikan Sate Luwes kini semakin lengkap dengan hadirnya aneka hidangan seafood

Seperti ikan gurame, kepiting, udang, cumi, dan kerang. Juga tersedia aneka menu bebek dan ayam. Lalu cah kangkung, capcai, dan lainnya.

Sugito menjelaskan, rumah makannya menggunakan konsep transparan. Yakni antara dapur memasak dengan tempat makan terbuka. Jadi, konsumen dapat melihat langsung cara serta proses memasak. ’’Kalau ada yang mau belajar memasaknya juga bisa kami ajari,” katanya.

Meski menggunakan daging yang berkualitas super, harga setiap menu yang disajikan sangat terjangkau. Untuk satu porsi sate ayam, kambing, maupun sapi, misalnya, hanya Rp25 ribu. Untuk rasa telah terjamin, daging sate dalam setiap tusukannya pun lebih besar, sehingga sangat memuaskan lidah konsumen.

Oleh sebab itu, tak heran, pelanggan setia tempat makan di Jl. K.H. Mas Mansyur, Bandarlampung, ini berasal dari semua kalangan. Mulai rakyat biasa, pejabat, hingga selebriti tanah air. Sebut saja Asti Ananta, Dimas Andrean, Mandra, dan lainnya.

’’Untuk para lelaki dewasa, kami punya menu suplemen buat kekuatan mereka,“ sebutnya. Terpenting, menu diolah khusus dengan bumbu yang juga khusus. Seperti kambing lada hitam dan ceker lada hitam.

Selain itu, tempat makan yang juga hadir di Jl. Soekarno-Hatta No. 5, Bandarlampung, ini melayani untuk pesta, akikah, kambing guling yang siap memotong, memasak, menyalurkan, hingga mengantar ke tempat tujuan. ’’Bisa sediakan kambing atau memasak saja,” sambungnya.

Untuk tipe kambing sedang harganya Rp1,15 juta, tipe besar Rp1,45 juta, lalu untuk super Rp1,95 juta. ’’Itu biaya untuk kambing, memotong, dan memasaknya,” papar dia.

Untuk menu dapat diganti sesuai pesanan konsumen. Misalnya dijadikan sate, gulai, tongseng, malbi, dan sup. Namun untuk kambing guling Rp1,15 juta.

Tetapi kalau Anda membawa kambing sendiri, kata Sugito, maka hanya membayar ongkos masak Rp400 ribu per ekor. Sate Luwes juga menerima jika menu diberi kotak plus nasi. Untuk menu per kotaknya komplet hanya Rp11.500. ’’Kami juga menerima pesanan sapi,” ujarnya. Selama Ramadan, tempat makan ini membagikan takjil gratis kepada konsumennya yang berkunjung. Sementara jam operasional mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. ’’Jadi jika Anda mengaku penggila sate, namun belum mencicipi Sate Luwes, maka belum lengkap rasanya,” umbar Sugito

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar