RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Rumah Makan Bebek Liar

SOP BEBEK LIAR
Bila tahun lalu kuliner pecel lele menjadi tren, saat ini bergeser pada kuliner berbahan dasar bebek. Hal ini dibuktikan dengan terus bertumbuhnya tempat kuliner yang menjadikan bebek sebagai menu andalan di Bandar Lampung. 

Salah satunya, Rumah Makan Bebek Liar yang menyediakan bebek sebagai satu-satunya menunya. Namun meski begitu, RM yang beralamat di Jalan Wolter Monginsidi No 156 ini, memberikan berbagai alternatif menunya.

Pemilik RM Bebek Liar H Sarmanto mengungkapkan, tak mudah sebenarnya mengolah kuliner berbahan baku bebek ini. Sebab, jika tak cermat dan hati-hati, maka citarasa bebek ini tak akan disukai penikmatnya. Apalagi jika dijadikan kuah atau kaldu.

"Sebab bebek memiliki struktur daging yang agak keras dan memiliki bau amis yang tajam. Oleh sebab itu perlu penangan ekstra, terutama pada pengolahannya. Khususnya pada menu bebek yang berkuah, atau sejenis sop," kata Sarmanto.

Namun itu bukanlah menjadi masalah. Sebaliknya kuliner bebek jenis entog yang disajikannya, yakni Sop Bebek Liar menjadi penganan andalan yang sangat digemari konsumennya.

Berbicara soal citarasa, Sop Bebek ini menyajikan rasa pedas, asam, manis, dan gurih. Ditambah dengan aroma kesegaran kaldu, dijamin akan menggoda selera para penikmatnya. 
sop_bebek.jpg
Sop Bebek Liar

BEBEK LIAR BAKAR
Selain sop, RM Bebek Liar juga menawarkan Bebek Liar Bakar sebagai salah satu menu andalan yang tak kalah lezatanya. Penganan yang tetap menjadikan bebek entog sebagai bahan bakunya ini berkonsep panggang, tanpa kuah sedikit pun.

Untuk pengolahannya relatif sama dengan sop bebek. Daging bebek direbus selama dua jam, dengan bahan rempah spesial Jawa Tengah. "Namun untuk pengolahan selanjutnya, berbeda. Sebab, setelah bebek ditiriskan, kemudian potongan bebek dipanggang dengan bumbu sate. Tak hanya itu, proses perendaman bumbu dan pemanggangannya sangat berbeda, yakni dua kali perendaman bumbu dan dua kali pemanggangan," ujar Hi Sarmanto, sang pemilik. 

Dia mengungkapkan, sengaja menetapkan standar operasional prosedur (SOP) pada setiap kulinernya untuk menjaga kualitas rasa dan aroma sajian makanannya. Termasuk dengan tahapan pengolahan agar bumbu meresap dengan kesempurnaan tingkat kematangannya
bebek_bakar.jpg
Bebek Liar Bakar
BEBEK LIAR UNGKEP
Memadukan kuliner bebek kuah dan panggang, RM Bebek Liar menyajikan Bebek Liar Ungkep sebagai pilihan. Penganan yang diproses dengan cara diungkep ini, menawarkan dua pilihan citarasa yakni pedas dan tak pedas.

"Bebek Liar Ungkep menjadi salah satu menu makanan yang bisa dinikmati siapa saja, termasuk anak-anak. Sebab, jika awalnya kami terfokus pada kepedasan cabai rawit. Maka, penganan ini tergantung pada permintaan konsumennya," kata Sarmanto, sang pemilik. 

Dia mengungkapkan, secara teori penyajian menu ini terbilang lama dibanding menu lainnya. Sebab, penganan ini tidak langsung diolah untuk dihidangkan, karena pihaknya akan menanyakan rasa yang diinginkan konsumen.

"Pada dasarnya rasa menu Bebek Ungkep ini adalah pedas, tapi tetap menyesuaikan dengan selera konsumennya. Selain itu, membuat menu ini berbeda karena merupakan perpaduan dari konsep bebek bakar dan sop bebek," tutupnya. 

bebek_ungkep.jpg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar