RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Dapur EDNA

MIE TEK-TEK
Dapur Edna yang beralamat di Jl. P. Emir M Noer, Durian Payung, Bandar Lampung menghadirkan penganan tradisional yang diberi nama Mi Tek-Tek. Kuliner berkonsep mie goreng dan mie kuah ini, dibentuk dari beberapa bahan dasar. Di antaranya mie telor, udang kering (ebi) sayuran kol, sawi, ayam, kecap, dan lainnya.

Denah Lokasi Dapur Edna, persis seberang Lampu Merah Jl. Cut Nyak Din. Klik 2x untuk memperbesar

"Prinsipnya, Mie Tek-Tek berbeda dengan mie ayam. Terutama pada pengolahan dan bahan baku mie yang pakai, sebab mie ini menggunakan olahan mie basah spesial. Begitu juga citarasa yang dihadirkannya, yakni lebih pada rasa gurih dan manis, ditambah aroma khas udang, dijamin akan menggoda selera para penikmatnya," ujar Edna Irene, pemilik tempat kuliner Dapur Edna.

Edna mengungkapkan, untuk pengolahan Mie Tek-Tek cukup sederhana, karena semua bahan baku yang digunakannya dipadukan secara langsung dan terbilang cepat saji. Selain itu, untuk menyesuaikan selera konsumen, maka Mie Tek-Tek dapat disajikan secara kering (goreng) atau basah dengan menggunakan kuah.

Dia menambahkan, menu satu ini cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Terlebih bagi konsumen yang sedang menjalani masa dietnya. Artinya, makanan ini bukan untuk membuat kenyang, namun hanya sebatas pengganjal perut agar tidak lapar.


Mi Tek-Tek Cocok yang Lagi Diet
Mie Tek-tek

MIE AYAM RICA-RICA
Setelah sukses dengan jenis ayam bakar olahannya. Edna Irene kembali menawarkan menu spesial, yakni Mie Ayam Rica - Rica. Kuliner berbahan mie ini berbeda, terutama pada pengolahan bahan baku mie yang digunakannya, yakni tanpa bahan pengawet, pewarna, dan pengenyal mie.

Pemilik kuliner Dapur Edna ini mengaku, pengolahan mie ini dilakukan untuk menjaga kelezatan dan keamanan dari kuliner buatannya. Ia sengaja mengolah mie sendiri, dari bahan baku tepung, telur, dan beberapa bahan baku serta paduan rempah khusus. Meski olahan sendiri, namun tidak berbeda dengan penganan sejenisnya, sebab mie tetap lembut, kenyal, dan tentunya lezat.

Menurut Edna, sesuai dengan namanya Mie Ayam Rica - Rica, maka mie ayam ini mengandalkan cabai sebagai bahan baku utama pembentuknya. Cabai merah yang digunakan, dibentuk pada olahan ayam, yang bakal dipadukan ke dalam mie spesial ini.Karena itu, menjadi hal wajar ketika mie ayam ini berwarna kemerah - merahan.

"Pada dasarnya mie ayam ini berbeda dengan makanan sejenisnya, yakni pada citarasa pedas gurih dan aroma ayam yang kental. Selain itu, warna merah yang cukup mencolok menjadi salah satu dari ciri mie satu ini, daripada mie sejenisnya yang berwarna cokelat kehitaman.

Namun demikian, untuk ukuran pedasnya, tetap disesuaikan dengan masing - masing taste konsumennya. Seandainya konsumen ingin menyelaraskan seleranya, maka dapat ditambahkan saos, kecap, dan sambal," kata Edna

Istimewa_Net.jpg
Mie Ayam Rica-Rica
NASI CAP CAY
Nasi Cap Cay menjadi salah satu alternatif variasi menu kuliner yang dapat dipesan di Dapur Edna Bandar Lampung. Makanan berbahan dasar nasi ini, sarat dengan aneka sayuran, serta dipadu dengan beberapa varian isi, di antaranya bakso ikan, daging ayam dan rempah.

Sejak disuguhkan, penganan ini cukup mendapat hati dari para pelanggan, terlebih kuliner ini telah akrab di telinga penikmatnya. Begitu juga citarasa gurih yang menonjol dan aroma khas dari ragam jenis tumisan sayuran, sangat mengundang selera untuk segera mencicipinya.

"Pada dasarnya, Nasi Cap Cay olahan kami tidak berbeda dengan penganan sejenisnya. Hanya saja, pada peramuannya Cap Cay tidak terpisah dengan nasi. Adapun teknik penyajiannya, yakni setelah Cap Cay matang, kemudian disiramkan secukupnya di atas nasi yang telah dipersiapkan sebelumnya," kata Edna Irene, pemilik Dapur Edna.

Dia menambahkan, pengolahan makanan cepat saji ini terbilang simpel. Namun, untuk menjaga citarasanya sengaja disajikan dalam keadaan hangat dan juga diolah setengah matang. Alasannya agar sayuran tetap terjaga kelezatannya dan tidak lembek, karena memang sebelumnya disiapkan bahan baku dalam keadaan segar. 

"Penganan ini cocok dikonsumsi untuk makan siang atau malam. Sebab selain hangat, kuliner ini juga menyajikan kesegaran pada para penikmatnya. Selain itu, menu ini tinggi akan kandungan protein, manfaat dari sayuran dari bahan baku yang digunakannya," pungkasnya.

Nasi Cap Cay Kaya Protein
Nasi Cap Cay

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar