RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Objek Wisata di Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung yang terkenal dengan sebutan "Kota Gajah" itu merupakan kota yang indah dengan pesona alam dan perbukitan yang membentang luas. Letaknya yang strategis dan tidak jauh dari Kota Jakarta menjadi alternatif pilihan destinasi liburan Anda dan keluarga.

Landmark Kota Bandar Lampung

Peta Wisata Kota Bandar Lampung

Berbagai potensi pariwisata dari Kota Bandar Lampung cukup menjanjikan, salah satunya wisata alam yang mampu menarik para wisatawan untuk menikmati perjalanan seru saat berlibur. Berikut ini tips beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dijajaki ketika berkunjung ke Kota Bandar Lampung.

LEMBAH HIJAU
Tempat rekreasi dengan suasana alami yang berlokasi di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Suka Jadi, Bandar Lampung. Biaya masuknya hanya Rp 8.000 per orang. Di sepanjang area seluas 30 hektar ini, Anda juga dapat bersenang-senang menikmati adventure game, seperti berenang di water boom dan outbond.


Taman Wisata Lembah Hijau

PANTAI DUTA WISATA
Pantai Duta Wisata merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi masyarakat dalam dan luar kota Bandar Lampung yang telah dikembangkan oleh investor yang berada di Jakarta. Obyek wisata ini memiliki luas kurang lebih 20 hektar. Wisata Pantai ini terletak di Jalan Laksamana Martadinata, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Telukbetung Barat, tidak jauh dari objek wisata Pantai Puri Gading. Waktu yang dibutuhkan menuju tempat ini kurang lebih 20-25 menit dari Tanjungkarang yang jaraknya ± 20 Km. Untuk mencapai ke lokasi ini sangat mudah karena kondisi jalan sangat baik berupa jalan aspal dan juga angkutan umum yang tersedia sehingga memudahkan ke lokasi ini.

Tampak depan

Wisata pantai ini telah mengalami perapihan pantai yakni dengan memberikan bebatuan sebagai batas pertemuan antara air laut dengan daratan guna mengurangi abrasi pantai. Daya tarik wisata ini adalah pemandangan alam Teluk Lampung yang dapat dinikmati dari saung yang dibangun sepanjang pesisir pantai. Wisata ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam rekreasi menghilangkan ketegangan dan kejenuhan berfikir dari kegiatan sehari-hari dengan menikmati keindahan pemandangan alam pantai yang memiliki suasana yang sejuk dan nyaman.

Banana Boat

Di pantai ini tidak ada area pemandian di pantai karena itu di buat kolam-kolam buatan selain untuk bermain kano, perahu naga (nagajung) dapat digunakan sebagai tempat pemandian. 

Tempatnya yang bersih menambah kenyamanan suasana wisata pantai ini. Berbagai fasilitas telah tersedia, seperti restoran, saung, penginapan, tempat pertemuan, MCK dan mushola. Selain itu berbagai macam arena bermain telah tersedia seperti kolam buatan tempat berenang, sepeda air, nagajung, Jetsky, Kano, Trambulin(prosotan), perahu motor dan dermaga, serta taman dan tempat bermain anak-anak.

Jetsky

Taman Rekreasi Pantai Duta Wisat berlokasi di Jl. RE Martadinata km 5 arah Lempasing, Desa Sukamaju, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung.

Fasilitas: Saung dan Pondok Santai, Kids Playground, Kereta dan Mobilan, Sepeda Air dan Kano, Trampolin Air, Jetski dan Banana Boat, Lagoon, dan tempat pertemuan. Hubungi 0721 470 977 atau 0811 88 5280


PULAU KUBUR
Pulau Kubur merupakan salah satu pulau yang terdapat di Teluk Lampung. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Telukbetung Barat. Untuk mencapai ke lokasi ini membutuhkan waktu 20-30 menit menggunakan perahu motor dari Pulau Pasaran yang jaraknya ± 7 km. Selain itu, dapat pula ditempuh melalui pantai Puri gading ataupun Pantai Tirtayasa dengan menggunakan perahu motor dengan waktu tempuhnya sekitar 10 menit. Pulau Kubur memiliki luas sekitar 5 hektar ini masih terlihat alami dan hanya terdapat beberapa pondok. Di Pulau ini tidak terdapat penduduk sehingga sangat sepi sekali.

Tampak Depan

Namun, pantai ini terlihat ramai saat hari libur kebanyakan pengunjung yang menyeberang dari pantai Puri Gading ataupun dari Pantai Tirtayasa. Daya tarik wisata ini adalah penorama alam yang masih sangat alami dimana pengunjung dapat merasakan sepoi-sepoi angin, suasana yang nyaman dan juga banyaknya ikan hias yang tersebar di sekitar pantai pulau ini serta rimbunan pepohonan yang berada diatas bukit menambah kesejukan dalam berwisata di Pulau Kubur ini. Pulau Kubur ini dapat dijadikan alternatif liburan pengunjung yang membutuhkan ketenangan ataupun menghilangkan kejenuhan berfikir dari kegiatan sehari-hari.

Suasana yang tercipta


TAMAN HUTAN RAYA WAN ABDURRAHMAN
Kawasan Hutan Lindung terletak pada ketinggian 250 meter dari permukaan laut, terletak di sebelah Barat Kota Tanjungkarang. Taman Hutan ini akan dikembangkan sebagai obyek wisata alam, seperti hiking karena terdapat Gunung Sukma Hilang, Camping, penelitian dan lain-lain.






MUSEUM LAMPUNG


Pinggir Jalan ZA Pagar Alam, Rajabasa

Museum lampung
Museum Lampung

Museum Lampung adalah salah satu tempat tujuan wisata sejarah yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan rekreasi. Terletak di jalan Z.A Pagar Alam 5 Km disebelah utara pusat Kota Tanjung Karang dan hanya 400 meter dari terminal Bus Rajabasa.

Tampak Depan

Koleksi yang dapat dijumpai adalah benda-benda hasil karya seni, keramik antik dari negeri Siam dan China pada zaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno pada masa penjajahan Belanda dll.

Properti yang dipajang

PANTAI PURI GADING
Pantai Puri Gading merupakan obyek wisata bahari yang terletak di jalan RE. Martadinata kelurahan Sukamaju, Kecamatan Telukbetung Barat. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Duta Wisata dan Pantai Tirtayasa. Infrastruktur seperti jalan di sekitar lokasi cukup baik berupa jalan aspal sebagai penghubung ke jalan utama. Untuk mencapai ke lokasi ini pengunjung melintasi perumahan Puri Gading yang memang sebelumnya obyek wisata bahari ini diperuntukkan oleh penduduk yang bermukim di perumahan Puri Gading yang kemudian dibuka untuk umum sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat lainnya selain penduduk di perumahan ini. Waktu yang dibutuhkan untuk ke lokasi ini sekitar 20 menit dari Tanjungkarang yang jaraknya ±14 km.

Angkutan umum pun telah tersedia sehingga akan memudahkan pengunjung untuk berwisata di pantai ini. Daya tarik wisata ini adalah pemandangan alam Teluk Lampung yang memang posisinya bersebelahan dengan Pantai Duta Wisata selain itu berbagai fasilitas rekreasi yang tersedia di Pantai Puri Gading menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Salah satu fasilitas yang menarik untuk dicoba adalah paket perjalanan menuju lokasi-lokasi yang menarik untuk dikunjungi dan juga tempat penyewaaan perahu.

Bisa berkano ria
Fasilitas lainnya berupa fasilitas olah raga air seperti kano, banana boat, dan jetski serta kapal yang disediakan untuk perjalanan ke Krakatau. Ombak yang relatif tenang dan seuasana yang sejuk dan nyaman menjadi alasan utama bagi pengunjung untuk berwisata dan juga para olahragawan air yang ingin berlatih ke obyek wisata ini.

Speedboat

TAMAN DIPANGGA
Monumen peringatan meletusnya Gunung Krakatau berada di Jln W.R Supratman Teluk Betung menempati lokasi Taman Dipangga. Berupa sebuah rambu laut seberat setengah ton yang terlempar akibat gelombang pasang / tsunami setinggi 30 m yang ditimbulkan oleh letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Taman Dipangga pernah menjadi bagian dari lokasi kantor karesidenan Lampung, 2 pohon beringin dan ambon menaungi monumen tersebut dengan latar belakang suasana pusat kota Teluk Betung.

Tampak Depan
Tugu Peringatan
TAMAN KUPU-KUPU
Taman Kupu-Kupu merupakan penangkaran Kupu-Kupu yang terletak di Jalan Wan Abdul Rahman, desa Tanjung Gedong Kelurahan Kedaung Kecamatan Kemiling. Untuk mencapai ke lokasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 20-25 menit dari Tanjungkarang yang jaraknya ± 21 Km.

Obyek wisata ini tidak jauh dari lokasi wisata Batu Putu dan Taman Wisata Bumi Kedaton. Jarak tempuh dari wisata Batu Putu sekitar 7-10 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi jalan memang sudah cukup baik sayangnya belum ada angkutan umum sampai ke lokasi ini sehingga kebanyakan yang berkunjung ke lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Kebanyakan pengunjung yang datang ke wisata ini adalah mahasiswa yang sedang meneliti spesies Kupu-Kupu baik dari Universitas lokal maupun Universitas dari luar Lampung. Taman Kupu-Kupu yang dikelola oleh Dra. Herawati Soekardi A.Djausal,M.Si dikenal dengan taman Kupu-Kupu Gita Persada.

Bangunan Tradisional

Pada awalnya lahan yang seluas 5 hektar ini adalah lahan tandus yang kemudian menjadi lahan subur. Taman Kupu-Kupu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena taman ini memiliki ciri khas tersendiri berupa penangkaran kupu-Kupu dan pengunjung pun dapat melihat berbagai jenis spesies Kupu-Kupu yang ada di taman ini dan juga Kupu-Kupu yang telah di awetkan dan dibingkai seperti Kupu-Kupu yang berasal dari Liwa Lampung Barat. Deretan Bukit dan suasana yang sejuk menambah kenyamanan dalam berwisata ke tempat ini. Jika pengunjung tertarik, bisa memesan Kupu-Kupu tersebut yang diambil dari kepompong Kupu-Kupu.

Prasasti



PANTAI TIRTAYASA
Pantai Tirtayasa merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Jalan RE. Martadinanata Kecamatan Telukbetung Barat selain pantai Duta Wisata dan Puri Gading. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini kurang lebih 20-25 menit dari Tanjungkarang yang jaraknya ± 21 Km . Untuk mencapai ke lokasi ini sangat mudah, kondisi jalan yang baik berupa jalan aspal dan juga angkutan umum sudah ada di Kecamatan ini berupa mikrolet sehingga tidak banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju ke obyek wisata bahari ini.

Tampak Lokasi

Pantai Tirtayasa dikembangkan oleh masyarakat sejak tahun 1979 dengan nama Lokarya yang kemudian dikembangkan oleh pemiliknya (Sugiyarta Arifin) berubah menjadi Tirtayasa. Daya tarik wisata ini adalah tidak berbeda dengan daya tarik wisata bahari lainnya seperti Pantai Puri Gading dan Pantai Duta Wisata lempasing. Di pantai ini pengunjung dapat melihat lebih dekat pulau-pulau yang menghadap ke pantai ini yakni Pulau Kubur dan Pulau Tangkil. Dan untuk mencapai ke Pulau Kubur membutuhkan waktu 5-7 menit dari Pantai Tirtayasa dengan menggunakan perahu motor. Wisata Bahari ini menyediakan berbagai fasilitas rekreasi seperti taman bermain dan pemandian di pantai serta penginapan. Selain itu, tersedia juga banana boat, jet sky, perahu motor, fishing boat, pleasure boat. Pengunjung pun dapat menikmati paket perjalanan wisata yang tersedia di pantai Tirtayasa bagi pengunjung yang benar-benar ingin berwisata ke Kota Bandar Lampung yang tentunya keuangan pun harus tersedia.

Fasilitas Berenang


KAWASAN SUKADANA HAM
Kawasan Sukadanaham berada di Kecamatan Tanjung Karang Barat. Kawasan ini merupakan dataran tinggi terletak di sebelah barat Kota Bandar Lampung. Oleh karena itu, sepanjang jalan Muhammad Ali (Sukadanaham) terbentang pemandangan alam Kota Bandar Lampung berupa Teluk Lampung, pulau-pulau yang berada di Teluk lampung, serta rangkaian bukit barisan. Dan jalan ini pula yang menghubungkan Kecamatan Kemiling. Untuk mencapai kawasan ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dari Tanjungkarang yang jaraknya ± 11 Km dengan menggunakan kendaran berupa motor ataupun mobil. Bagi pengunjung yang berwisata ke lokasi ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi ataupun rental mobil sehingga akan lebih memudahkan dalam berwisata di lokasi ini. 

Lokasi

Suasananya yang sejuk menambah kenyamanan dalam beriwasata karena banyaknya pepohonan dan juga letaknya yang berada di dataran tinggi. Selain itu, di kawasan ini terdapat pula Simulasi Tempur Sukadanaham. Simulasi tempur ini dikelola oleh Suzuki Center yang juga merupakan arena outbond atau simulasi tempur yang luas keseluruhan 80 ha. Namun yang dipakai 10 ha.

Simulasi Tempur ini mempunyai beberapa permainan outbond, antara lain Flaying Fox (meluncur dari ketinggian 15 meter), Human Jamp (Mengambil bantalan yang berada ditengah tali dengan ketinggian 12-13 meter), Wish (jalan diatas tali), Paintball (tembak-tembakan dengan menggunakan cat air) dan spider wap (naik jaring Laba-laba dari bawah ke atas dengan ketinggian 7 meter). Selain itu, lokasi ini disediakan pula villa, aula, dan zona tempur yang dikenal dengan anti terror. Untuk mengikuti permainan ini minimal 20 orang. Lokasinya berada di dataran tinggi dan tersebarnya pohon cemara di sekitar simulai tempur ini menambah keindahan lokasi ini.

Air Terjun Sukadana Ham terletak di Kelurahan Sukadana Ham Kecamatan Tanjungkarang Barat pada lembah pegunungan yang hijau, indah dan udara yang segar terdapat air terjun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter.


Air Terjun Batu Putu

RUMAH ADAT LAMPUNG OLOK GADING
Di zaman yang semakin canggih ini banyak kebudayaan daerah semakin luntur. Salah satunya adalah rumah-rumah yang berciri khas kebudayaan setempat. Misalnya rumah khas Lampung di kota Bandar Lampung jarang sekali ditemukan selain di museum Bandar Lampung. Padahal, arsitektur tradisional Lampung memiliki nilai keindahan yang tinggi. Rumah adat Lampung yang terdapat di jalan Dr. Setia Budi, Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat merupakan rumah adat Lampung Pesisir (Kebandaran Marga Balak). Bangunan tersebut adalah milik salah seorang warga yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga raja yang pernah berkuasa di wilayah ini yaitu Mutiar Sopian dengan gelarnya Gusti pangeran Ratu Marga.


Rumah Adat Lampung Olok Gading

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini kurang lebih 12-20 menit dari Kota Tanjungkarang dengan menggunakan angkutan kota (mikrolet) yang jaraknya ± 16 Km. Kondisi jalan di kawasan ini sangat baik. Daya Tarik wisata ini adalah rumah adat Lampung memiliki elemen-elemen yang menjadi ciri khas, antara lain bubungan yang terdapat di tengah atap, teras panggung yang terdapat di bagian depan rumah dan atap rumah mentupi hingga tangga depan rumah. Selain itu, terdapat beberapa perabot rumah warisan kerajaan, seperti meja, kursi, perabot interior, serta beberapa senjata kerajaan dan perkakas peninggalan yang berasal dari India serta terdapat pula silsilah keluarga Lampung yang dipajang di rumah ini. Penduduk dilingkungan ini masih memegang budaya Lampung seperti tari Bedana yang dapat dilakukan dari yang muda sampai yang tua dan juga arak-arakan pengantin serta sunatan. Beberapa rumah yang lebih sederhana dengan gaya arsitektur tradisional Lampung juga terdapat tidak jauh dari rumah adat tersebut. Sebagian besar bangunannya sudah sedikit berkurang dari yang aslinya.

PASAR SENI ENGGAL
Pasar Seni Bandar Lampung terletak di Lapangan Enggal pada komplek Gelanggang olahraga Saburai, merupakan pusat-pusat kegiatan bagi seniman, terdapat panggung terbuka yang sering dipergunakan untuk pagelaran suatu pentas musik, tari dan festival serta terdapat pondok-pondok tempat menjual benda-benda hasil kerajinan, lukisan dan makanan khas daerah.

Pondok Pasar Seni Enggal

Pasar Seni Enggal merupakan pusat kegiatan bagi seniman dan pusat rekreasi seni kerajinan, di pasar seni kita dapat menikmati hiburan musik baik tradisional (daerah) maupun Modern dan bagi anda yang ingin membeli cinderamata sebagai kenangan dapat di beli di sini, seperti tas, Ukiran, Lampu, Dompet, Gantungan Kunci, Lukisan dan Lain-lain.

Tampak dari Luar

TAMAN WISATA BUMI KEDATON
Obyek wisata Lampung memang beraneka ragam. Dan keberadaan Taman Wisata Alam Bumi Kedaton, bagian dari keragaman itu. Taman wisata yang dibuka akhir Oktober 2004, berada di bagian barat Kota Bandar Lampung ini, memang menarik dan unik sehingga cocok sebagai tempat untuk rileks bagi keluarga dan wisatawan setelah berkelana di Lampung.

Pintu Masuk Bumi Kedaton
Pintu Gerbang

Menariknya lantaran nuansa alam perbuktian, lembah, perkampungan hijau, dan gemericik sungai begitu kental. Memang Taman Wisata ini sejak dulu sampai kini dikenal sebagai daerah penghasil buah-buahan segar seperti durian, manggis, duku, pisang dan palawija. Karena struktur di tanah ini daerah ini memang subur, hijau dan berhawa sejuk.


Taman Bumi Kedaton
Taman Bumi Kedaton

Uniknya karena beberapa hewan menghiasi taman ini, mirip kayak kebun binatang. Beberapa koleksi satwa seperti gajah Sumatera, buaya, siamang, beruk, kera ekor panjang, ayam hutan, elang, biawak dan berbagai jenis ayam dari Cina, Arab, dan Australia, menjadi penghuni tetap. Dan pengelola Taman berusaha keras untuk selalu menambah koleksi satwa agar tambah menarik.

Jemnbatan Gantung
Jembatan Gantung

Selain itu, ada atraksi yang menghibur wisatawan. Misalnya, atraksi Gajah malah wisatawan dapat menunggang gajah dengan tracking khusus, memberi makan gajah bahkan foto bersama hewan bertubuh tambun ini. Atraksi lainnya, Kuda Pencak dan tarian tradsional Lampung yang pentas pada musim liburan.

Bumi Kedaton juga dilengkapi lahan perkemahan yang ada di bagian utara di sisi sungai yang mengalir dari lereng Gunung Betung. Juga tersedia fasilitas rekreasi keluarga, rumah khas Lampung bertiang, bungalow dengan panorama lembah dan perbukitan yang cocok untuk rileks, lokasi outbond, jogging track, wisata kano di sungai nan jernih dan bersih.

Dan kini, Taman wisata dilengkapi dengan koleksi tanaman langka yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan kekayaan fauna Nusantara, khususnya untuk daerah Sumatera. Fasilitas lainnya dilengkapi jembatan gantung, kolam renang, kolam pemancingan sampai dengan food stall dan ikan bakar semakin menampakkan visi Bumi Kedaton ke depan sebagai one stop shopping antara wisata, bermain dan sekaligus tempat meeting.

Akses menuju Taman Wisata Bumi Kedaton ini tidak sulit, cuma sekitar setengah jam berkendara dari pusat kota Bandar Lampung. Selama dalam perjalanan menuju obyek wisata itu pasti disuguhi panorama alam pegunungan dan lembah yang hijau dan udara yang sejuk mengingat kawasan ini terletak di ketinggian antara 700 m sampai dengan 900 meter. Tertarik?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar