RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Saung Bambu Putra Sunda

AYAM LEPAS KHAS SUNDA
Saung Bambu Putra Sunda yang beralamat di Jalan ZA Pagar Alam, Kedaton, menawarkan menu ayam lepas khas Sunda sebagai salah satu menu andalannya.

Penganan yang menawarkan citarasa gurih, pedas dan manis ini, menggunakan perpaduan tiga bahan baku utama: ayam lepas, sayur asam sapi dan sambal cobek spesial Jawa Barat. Selain itu, untuk menampilkan aroma serta kelezatan rasanya tetap mengandalkan aneka rempah tradisional pilihan.

Menu satu ini terbilang cukup banyak penggemarnya, terutama kalangan mahasiswa. Selain karena dijual dengan harga yang relatif murah, penganan ini juga sangat lezat dinikmati di segala suasana. Juga dapat dijadikan menu makanan berat atau sekadar cemilan di waktu santai.

Dari sejumlah jenis kuliner ayam yang disajikan, ayam lepas cukup tinggi peminatnya, di mana rata-rata mampu menghabiskan 40 porsi per harinya. Terlebih, kuliner ini juga masih terbilang langka dan ekslusif di Bandar Lampung.

Untuk menarik rasa penasaran konsumen, dijuluki kulinernya ayam lepas. Pada dasarnya, penganan ini memiliki arti ayam selera pedas (lepas). Oleh sebab itu, masakan ini menonjolkan citarasa pedas dalam pengolahannya.

Namun demikian, pedas yang dimaksud bukan hanya dari unsur cabai semata, tetapi dihasilkan dari perpaduan ragam rempah tradisional pilihan. Oleh sebab itu, penikmat ayam ini tidak hanya akan merasakan rasa pedas saja, tetapi juga sensasi hangat yang dihasilkan rempah.

Ayam_Lepas.jpg
Ayam Lepas Khas Sunda


SATE BEBEK
Saung Bambu Putra Sunda juga menghadirkan sate bebek yang tidak kalah lezatnya. Berbahan baku bebek pedaging jenis entog dan tetap mengandalkan ragam rempah pilihan khas Jawa Barat. Menjadikan menu satu ini sebagai idola baru di tengah menjamurnya penganan bebek lainnya.

Sejauh ini sate bebek masih terbilang langka. Apalagi, terkadang konsumen berpendapat bahwa meracik penganan ini tidaklah mudah. Terutama untuk menghilangkan bau amis bebek, berdaging keras, juga untuk menjadikannya sebagai kreasi penganan lezat.

Untuk itu, melalui berbagai eksperimen dan inovasi yang dilakukan pada kuliner berbahan bebek ini. Akhirnya, mampu menghasilkan berbagai kuliner bebek, salah satunya sate bebek ini. Sate ini sangat lembut, jauh dari kata amis, dan dijamin kelezatannya.

Untuk mengolah sate bebek, sebelumnya bebek entog ini di fresto bersama dengan rempah. Setelah daging bebek lembut dan matang, kemudian daging dipisahkan dari tulang dan dipotong dadu, layaknya sate pada umumnya. Adapun, untuk satu tusuk sate berjumlah 3 - 4 buah daging dengan ukuran sedang.

Selain daging, memanfaatkan hati dan ampela bebek menjadi bagian campuran bahan baku dari sate ini. Untuk proses pembakaran (panggang), sengaja digunakan bara arang batok kelapa. Ini bertujuan untuk menjaga citarasa dan roma dari penganan ini, juga tidak ketinggalan bumbu oles yang dipersiapkan khusus dari perpaduan aneka rempah pilihan
sate_bebek.jpg
Sate Bebek


CUMI KRENYEK
Cumi Krenyek menjadi salah satu alternatif variasi menu kuliner yang dapat dipesan di Saung Bambu Putra Sunda. Penganan berbahan baku cumi kadut ini berkonsep kering, di mana di dalam penyajiannya diolah dengan cara digoreng.

Menu satu ini untuk variasi alternatifnya. Tujuannya agar pecinta seafood dapat menikmati kreasi kuliner khas Sunda berbahan cumi. Karena itu, makanan berbahan dasar daging cumi ini diharap mampu memenuhi kebutuhan para penikmatnya.

Sejak disajikan, menu kreasi khas Sunda ini mendapat hati di kalangan penikmatnya. Sebab, berbeda dengan kuliner sejenisnya, cumi krenyek tetap mengandalkan rempah tradisional sebagai bumbu utama olahannya. Cumi yang kami sajikan menawarkan rasa gurih, asin dan krispy. Belum lagi wangi aroma wangi khas cumi menambah lezatnya penganan ini. Sehingga wajar bila, menu satu ini menjadi salah satu pilihan kuliner di tempat ini.

Untuk pengolahannya, cumi basah ini dipotong memanjang dengan ukuran sedang. Setelah itu potongan cumi direndam dengan bumbu kuning kunyit, lalu digoreng hingga matang. Tidak hanya itu, pada penyajiannya cumi krenyek ditaburi dengan gorengan tepung krispy

cumi_krenyek.jpg
Cumi Krenyek

Denah Lokasi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar