RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Rumah Makan Sop Janda (Jawa Sunda)

SOP JANDA
Bagi pecinta masakan berkuah dan pedas, patut mencoba dan merasakan sensasi Sop Janda dari Rumah Makan Sop Janda yang terletak di Jl. WR Monginsidi, Pengajaran. Menu ini menjanjikan kepuasan lidah pelanggannya dengan cita rasa yang sangat menggoda, yakni pedas, berkuah panas, dan sedikit kecut, bercampur jadi satu.

Denah Lokasi Sop Janda. Klik 2x untuk memperbesar



Saat disajikan, selintas Sop Janda ini mirip dengan sop tulang sapi pada umumnya. Tulangan sapi yang berkuah itu ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri serta daun bawang. Aroma khas dari uap panas sop itu pun sudah menggelitik tenggorokan untuk segera mencobanya.

Sensasi pedas dan kecutnya menu ini sudah bisa dirasakan ketika mencicipi kuahnya. Meski pedas dan kecut, lidah Anda akan merasa ketagihan untuk mencoba dan mencobanya lagi. Terlebih ketika menikmati empuknya daging sapi yang menjadi bahan dasar menu tersebut.

Daging sapi ini lah yang membuat perbedaan dengan sop tulang sapi lainnya. Sop Janda menggunakan tulangan sapi yang masih banyak diselimuti daging di sekitarnya. Bahkan, tulang yang ditemukan akan jauh lebih sedikit ketimbang daging sapinya.

Sengaja menggunakan tulang daging sapi dari Jakarta. Sebab, tulang sapi yang dipasoknya setiap dua hari sekali itu tidak hanya berupa tulangan saja, namun masih banyak daging yang menempel di tulangan tersebut.

Terkait pengolahan, tidak terlalu rumit karena rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu sudah mempunyai takaran masing-masing. Takaran bumbu ini juga sudah disesuaikan dengan porsi tulangan sapi yang akan dimasak di satu panci besar.

Tulangan sapi yang sudah dibersihkan direbus dengan air serta rempah-rempah. Untuk mendapatkan sensasi yang super pedas, Sarmanto menggunakan cabai khusus yang digiling dan menambahkan cabai yang tidak digiling dan ikut direbus. Namun tidak semua masakan kuah itu dibuat pedas. Ada satu panci yang sengaja tidak ditambahkan cabai sama sekali.

Tingkat kepedasan dari Sop Janda bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Karena itu dibuat dua versi sop, yakni super pedas dan tidak pedas. Sehingga ketika ada yang memesan pedas sedang, maka kami hanya tinggal mencampurkan sop super pedas dengan sop yang tidak pedas.

Dalam penyajiannya, Sop Janda ini ditawarkan dalam dua pilihan porsi. Pertama Sop Janda biasa dengan harga Rp 15 ribu per porsinya, dan kedua yakni Sop Janda Heboh seharga Rp 25 ribu. Sop Janda Heboh ini porsinya lebih besar sekitar 1,5 kali lipat dibandingkan dengan Sop Janda biasa.

IMG02286-20110725-1409.jpg
Sop Janda

SOP BUAH JANDA CENTIL
Lengkap nan cantik mungkin itu lah yang bisa digambarkan dari Sop Buah Janda Centil ala RM Sop Janda. Minuman ini juga menawarkan berbagai rasa dari buah-buahan dan bercampur dengan sirup, susu, dan yogurt.

Ada sekitar tujuh buah-buahan yang ada, seperti anggur, melon, mangga, alpukat, apel, pear, dan semangka. Tidah hanya itu, Sop Buah Janda Centil juga dipermanis dengan tambahan agar-agar yang dibentuk unik dan lucu, serta agar-agar yang berupa serutan dan juga selasih.

Cukup mengeluarkan kocek Rp 8.000, maka pelanggan sudah bisa menikmatinya. Rasanya yang manis dan dingin sungguh menggoda untuk segera mencicipinya. Terlebih minuman ini dinikmati saat matahari sedang bersinar terik, maka dapat memuaskan rasa dahaga Anda

Capture13_20_48(2).jpg
Sop Buah Janda
JUS JANDA DAUN MUDA
Nama unik dan menarik untuk jenis minuman yang ditawarkan oleh RM Sop Janda, yakni Jus janda Daun Muda. Siapa pun yang melihat namanya didaftar menu, pasti akan menanyakan minuman satu ini.

Minuman seharga Rp 10 ribu ini memliki warna hijau alami dengan campuran sedikit warna kuning. Saat dicicipi, Jus Janda Daun Muda memberikan rasa yang sangat segar, yakni percampuran dari rasa asam, manis, dan dingin.

Jus ini terbuat dari daun sawi muda yang diblender bersamaan dengan nanas. Tidak lupa diberi es, gula tambahan, dan perasan air jeruk nipis untuk memperkaya rasa. Dipercaya, jus sehat ini dapat menetralisasi kolesterol yang ada di menu makanan berbahan dasar daging sapi.

SATE PENYET
Mungkin belum banyak menu sate yang ditambahkan dengan nama penyet di belakangnya, seperti menu penyetan lain. Namun kita bisa menemukan Sate Penyet ini di RM Sop Janda, baik yang ada di Srengsem Panjang maupun di cabang Jalan Wolter Monginsidi.

Sate penyet ini merupakan sate dari daging sapi khas dalam yang terkenal dengan keempukannya. Namun penyajiannya sama seperti sate kambing, yakni menggunakan bumbu kecap lengkap dengan irisan bawang, cabai, dan tomat, serta lalapan berupa daun kol dan ketimun.

Saat mencicipi setiap potongan daging sapi, maka Anda akan menemukan daging yang super empuk dan sangat gurih. Terlebih bumbu meresap ke dalam daging yang terbakar sehingga menambah cita rasanya.

Sate sapi yang digunakan merupakan daging dengan kualitas pilihan yakni daging khas dalam, yang berdasarkan informasi hanya tersedia sekitar 6 kilogram hingga 8 kilogram di setiap satu ekor sapi. Daging sapi tersebut di potong dadu dan kemudian direndam dengan bumbu yang diolah dari berbagai rempah-rempah.

Agar bumbu meresap sempurna, membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mendiamkannya. Daging sapi yang telah direndam itu kemudian dibakar di atas perapian, dan terus dioleskan bumbu sebanyak dua hingga tiga kali.

Penyajian Sate Penyet ini juga tetap dilengkapi dengan kuah sop yang pedas, dan ini memang sesuai dengan namanya yakni Sop Sate Penyet yang dibanderol dengan harga Rp 17 ribu per porsinya. Banyak yang setelah memakan Sop Janda, pelanggan kemudian memesan kembali Sate Penyet untuk dibawa pulang.

Sate Penyet

IGA GORENG
Menu Iga Goreng merupakan menu alternatif lain bagi pelanggan yang kurang suka dengan makanan daging sapi berkuah. Sama halnya dengan menu berbahan dasar daging sapi lainnya, Iga Goreng juga menjanjikan daging yang empuk dan gurih.

Meski bukan makanan berkuah, RM Sop Janda tetap menyajikan Iga Goreng lengkap dengan kuah sop yang terpisah. Selain itu, menu yang dibanderol dengan harga Rp 25 ribu per porsi ini juga dilengkapi dengan lalapan seperti kol dan ketimun, serta sambal tambahan.

Pelanggan bisa memesan sambalnya. Bisa pedas atau sedang, dan bisa sambal matang ataupun sambal mentah, disesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Iga sapi ini direndam dengan bumbu rempah alami selama satu hingga dua jam. Meski bumbu rempah alami tersebut tidak hanya menambah rasa daging iga sap melainkan juga membuat empuk, namun tetap dipukul menggunakan alat pemukul agar daging iga lebih empuk. 

Iga Bakar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

JUAL BERBAGAI JENIS CABE: MERAH,IJO,CAPLAK,DLL
COCOK UNTUK BERBAGAI JENIS MAKANAN,PEMPEK,MIE AYAM,BAKSO,DLL
CABE YANG KAMI JUAL ADL CABE KUALITAS TERBAIK,DENGAN HARGA GROSIR
INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI:
TOKO CABE UDA MULYADI
PASAR TAMIN
TELP. 0721 257388, 0721 263810
email: ekarostanty@ymail.com

Poskan Komentar