RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Nasi Uduk

Warga Balam (akronim Bandar Lampung) senang juga makan nasi uduk. Tak heran, di semua jalan utama Anda bisa melihat tempat makan nasi uduk. Terdapat beberapa lokasi yang bisa Anda datangi. Pedagang uduk paling senior adalah Mat Kribo. Ya, memang rambutnya kribo. Dia pasang tenda di Jalan Kartini, di pasar Tanjungkarang. Kalau menelusuri jalan itu, tenda Mat Kribo ada di kiri Anda. Mat Kribo pernah jadi raja nasi uduk beberapa tahun lalu. Sekarang terlihat masa emasnya sudah lewat, tapi kelezatan uduknya tetap bertahan.

Sejajar dengan tenda Mat Kribo, tapi beberapa meter sebelumnya, berdiri tenda nasi uduk Mang Udin. Ini pedagang uduk seangkatan dengan Mat Kribo dan kedua-duanya dahulu berjualan di ruko. Namun, sewa ruko yang meninggi, memaksa mereka pakai tenda. Begitu pengakuan Mang Udin.

Pengusaha uduk yang rupanya paling maju di Balam adalah Toha. Tempatnya masih di Jalan Kartini, beberapa meter dari Mat Kribo dan di kanan jalan. Dua cabang Toha terletak di Jalan Antasari dan Jalan Diponegoro. Tiga tempat itu ada di ruko.

Satu lagi tempat penggemar uduk meluruk adalah Uduk Dedi. Letaknya di Jalan Pattimura, Telukbetung. Jalan ini sambungan Jalan Diponegoro. Kalau tiga nama pedagang uduk tadi adalah pemain lama, Dedi tergolong orang baru di kancah perudukan Lampung. Konon, meroketnya uduk Dedi karena harganya agak miring. Entahlah, saya tak pernah sempat membanding-bandingkan harga mereka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar