RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Menjamurnya Kuliner Pecel Lele

Jangan anggap remeh ikan lele. Makanan yang mudah didapat dan harganya murah ini, selain kaya zat gizi juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Pecel Lele Haji Fuad

Lihat saja kini menjamur rumah-rumah makan pecel lele di Bandar Lampung. Tidak lagi bergaya "Lamongan Style" yang hanya berupa warung tenda di tepi jalan, kini pecel lele dijual di rumah makan hingga restoran dan hotel mewah.

Beberapa rumah makan pecel lele baru terus tumbuh. Seperti Pecel Lele H. Fuad, Pecel Lele Ayu, Pecel Lele H. Iir, dan Mbak Mar. Ditambah pemain lama, seperti Yanto Lamongan dan Mas Kondang tetap saja ramai, terutama saat jam makan siang atau malam.

Banyaknya penyuka pecel lele di Bandar Lampung ini membuat masyarakat yang ingin menyantapnya, terpaksa harus antre di warung-warung ini. Kesuksesan membuka rumah makan pecel lele pun diapresiasi Kick Andy.

Pada episode Kick Andy, Jumat (28-10), menghadirkan Rangga Umara (32) yang sukses membuka rumah makan Pecel Lele Lela. Rangga memilih berhenti menjadi karyawan dan merintis usahanya sendiri. Kini Rangga memiliki 42 cabang restoran Pecel Lela Lela di beberapa kota di Indonesia.

Manfaat Kesehatan
Ikan lele tidak hanya lezat di lidah, tapi juga memiliki kelebihan dibanding produk hewani lainnya. Ikan lele memiliki kadar leusin dan lisin yang bermanfaat tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga untuk nutrisi otak.

Seperti ditulis di Wikipedia, 2008, leusin (C6H13NO2) adalah asam amino esensial yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk pembentukan protein otot.

Sementara lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Lisin termasuk asam amino penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena, asam amino ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan untuk tulang, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak.

Selain itu, lele dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak.

Lisin pada ikan lele juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi, hormon, enzim, dan pembentukan kolagen, di samping perbaikan jaringan. Kandungan lisin bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, pengolahan ikan lele hingga siap disajikan juga perlu diperhatikan. Antara lain tidak menggunakan minyak goreng yang sama berulang-ulang saat menggoreng.

Ikan air tawar ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Misalnya memperkuat otot perut, mengobati kencing manis, impotensi, hepatitis, ambeien, dan eksim.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup dimasak/direbus lalu dimakan. Atau dibakar hangus dan ditumbuk halus lalu dijadikan serbuk, diseduh dengan air panas dan diminum.

Bagi penderita impotensi, ikan lele bisa dimasak sesuai selera lalu dimakan, biasanya dengan sambal dan lalapan. Amat baik jika disertai lalapan daun kemangi. Antara daging dan bumbu sambal itulah yang membuat jadi perkasa. Hmmm...silakan mencoba!

Lokasi Rumah Makan Pecel Lele di Bandar Lampung

1. Yanto Lamongan
Kompleks Ruko Way Halim Permai, Jalan Arif Rahman Hakim, Bandar Lampung

2. Pecel Lele H. Fuad
Jalan Gadjah Mada, Jalan Emir M. Noor, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Gatot Subroto.

3. Pecel Lele Ayu
Jalan Ir. H. Juanda

4. Warung Tenda Mat Kondang
Jalan Ki Maja, Way Halim

5. Pecel Lele Mbak Mar
Jalan Sultan Agung

6. Pecel Lele H. Iir
Jalan Wolter Monginsidi

7. Pondok Hijau
Chandra Tanjungkarang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Lia mengatakan...

ternyata lele memiliki banyakmanfaat kesehatan.

Poskan Komentar