RSS

Blog ini berisi segala hal tentang wisata kuliner di Kota Bandar Lampung dan berbagai tempat makan yang enak dan asyik yang merupakan referensi dari berbagai sumber dan rekomendasi pribadi penulis. Selamat Menikmati !!

Warung Nasi Tetenong

ASIN BULU AYAM
Asin bulu ayam menjadi salah satu menu ekslusif variasi menu kuliner yang bisa dipesan di Warung Nasi Tetenong. Penganan berbahan baku ikan asin tawar ini berkonsep kering, dengan teknik digoreng yang menjadi olah penyajian.

Pengelola Warung Nasi Tetenong, Ferdy Kurniawan, mengaku sengaja memunculkan menu satu ini untuk variasi alternatif untuk mengatasi tingkat kebosanan konsumsi daging yang tinggi. Untuk itu, makanan berbahan dasar ikan kering ini diharap mampu memenuhi kebutuhan para penikmatnya.

"Alhamdulillah sejak disajikan, menu tradisional khas sunda ini mendapat hati di kalangan penikmatnya. Sejak dimunculkan, asin bulu ayam ini selalu menjadi pilihan padu padan dari jenis menu makanan berat yang dikonsumsi konsumen.

Asin bulu ayam yang kami sajikan menawarkan rasa pedas, asin dan manis. Belum lagi wangi aroma wangi khas ikan asin menambah lezatnya penganan ini. Sehingga wajar bila, menu satu ini menjadi salah satu favorit kuliner di tempat ini," ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk pengolahan ikan kering ini digoreng kering dalam minyak mendidih selama beberapa menit. Kemudian, ikan ditiriskan dan dicampur dengan olahan bumbu special, di antaranya cabe merah, bawang, gula dan rempah trasisional lainnya. Setelah bumbu meresap, ikan kembali digoreng hingga bumbu pemadunya meresap sempurna

ferika_3.jpg
Asin Bulu Ayam
JUICE TETENONG
Juice Tetenong menjadi minuman favorit dan andalan yang tersedia di tempat kuliner Warung Nasi Tetenong, Bandar Lampung. Menyajikan aneka rasa khas buah segar, dengan perpaduan jenis buah-buahan seperti buah jeruk, wortel dan gula cair membuat minuman ini menarik minta pelanggan setianya.

Minuman ini menawarkan rasa manis, asam dan segar, sehingga menjadikan minuman ini pas bagi pelepas dahaga. Selain itu, menu ini sangat cocok untuk waktu santai, atau sekadar menunggu menu utama disajikan, biasanya dipesan pada siang dan malam hari.

Perpaduan yang kuning kental (orange) mencolok pun menarik bagi penikmatnya, sehingga minuman ini didominasi oleh penikmat kalangan remaja dan dewasa. Aroma lembut dari buah-buahan menjadi salah satu alasan konsumen memesan Juice Tetenong ini.

“Untuk menjaga rasa dan kualitas minuman, kami sengaja mengambil langsung bahan dasar yang fresh. Minuman ini juga kaya manfaat dari paduan vitamin A dan C yang dikandungnya,” ujar Ferdy Kurniawan Pengelola Warung Nasi Tetenong.

Menurutnya, minuman jenis ini merupakan hasil eksplorasi khusus di tempatnya. Di mana, konsepnya memadukan rasa, aroma dan warna yang dibentuknya. Selain itu, untuk menyesuaikan dengan pasar, pihaknya pun menawarkannya dengan harga murah untuk minuman sejenisnya

Juice1.jpg
Juice Tetenong

NASI TOETOEG ONCOM
Nasi Toetoeg Oncom menjadi menu favorit di Warung Nasi Tetenong. Karena rasanya yang lezat, makanan berbahan nasi putih dengan padu padan oncom ini menjadi pilihan utama dan kerap diburu para konsumen. Pun demikian, kuliner asli pasundan ini menawarkan penampilan eksotisme rasa serta aroma sesuai dengan daerah asalnya.

"Kami selalu menjaga kualitas rasa dan aroma dari tiap menu makanan yang kami sajikan. Kami sengaja gunakan beragam bumbu rempah tradisional khas sunda dengan campuran oncom di dalamnya. Agar rasa dan kelezatannya terjaga," ujar Ferdy Kurniawan, Pengelola Warung Nasi Tetenong ini.

Dia menambahkan alasan memilih oncom sebagai salah satu bahan dasar karena penganan ini memiliki cita rasa gurih yang lezat. Selain itu, teknik pengolahannya pun terbilang rumit, sebab antara satu bahan dasar satu dengan lainnya harus berkomposisi sempurna.

Sebelumnya nasi diolah matang. Kemudian, nasi di campur dengan oncom dan sejumlah racikan bumbu rahasia. Inti dari menu satu ini adalah teknik toetoeg (tumbuk) asalan. Konsep ini bertujuan agar nasi kukus ini tidak buyar dan menyatu dengan bumbu penyertanya.

"Sebenarnya, setelah berpadu dengan rempah dan oncom, nasi ini sudah dapat disajikan dan dinikmati. Namun, bila konsumen ingin taste yang lebih, maka nasi toetoeg ini dapat diolah kembali dengan cara dibungkus daun pisang dan diolah dengan cara dibakar. Pascapembakaran, maka aroma dan kekhasan rasa dari daun pisang pembungkus nasi dijamin bakal menggoda selera para penikmatnya," ujar Ferdy lagi

foto_ferika.jpg
Nasi Toegtoeg

GURAME ACAR
Tidak kalah dengan rasa nasi Toetoeg Oncom, Warung Nasi Tetenong juga menyediakan pilihan menu gurame acar. Menu berbahan dasar ikan gurame ini menjadi favorit, terlebih karena rasa gurih, asin, dan pedas berpadu wangi aroma rempah tradisional yang sedap membuat menu ini menjadi alternatif pilihan.

Ferdy Kurniawan mengaku pengolahan makanan jenis ini terbilang rumit, sebab harus melalui dua kali pengolahan. Mengapa rumit? Karena sebelum direndam ikan gurame menggunakan sejumlah rempah dan bumbu rahasia selama dua menit. Lamanya waktu ini, agar bumbu menyatu dalam daging ikan.

Setelah direndam, ikan digoreng menggunakan api dengan tingkat volume panas tertentu. Selanjutnya, ikan goreng tersebut disiram acar kunig khas tempat kuliner ini. Sebagai pembangkit selera, konsumen dapat memadukan penganan ini dengan sambal terasi, aneka lalapan dan varian menu berat lainnya.

"Secara umum, kami mengolah jenis ikan air tawar ini digoreng setengah matang. Kemudian, ikan dipadukan dengan aneka rempah khas acar kuning. Setelah ikan setengah matang ini berbaur dengan bumbu acar, proses selanjutnya ikan digoreng kembali hingga matang," ujar Ferdy pengelola Warung Nasi Tetenong ini

FERIKA2.jpg
Gurame Acar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar